5 Teknik Memotong Sayur Seperti Chef Restoran, Apakah Kamu Tau Namanya?

5 Teknik Memotong Sayur Seperti Chef Restoran, Apakah Kamu Tau Namanya?

Terdapat beberapa sayuran seperti paprika, wortel, kentang, dan tomat yang dapat dipotong dengan berbagai bentuk. Bentuk dan potongan yang berbeda itu bukannya tanpa tujuan tetapi dapat mempengaruhi tingkat kematangan dan rasa sayur ketika dimasak dengan teknik tertentu.

Untuk dapat menjadi seorang chef atau juru masak yang andal, lima teknik dasar memotong sayur ini sangat penting untuk dipelajari. Walaupun tampak sepele, masing-masing teknik potong memiliki persyaratan tebal dan panjang sayur. Dilansir dari The Daily Meal, berikut lima teknik memotong sayur yang harus dikuasai sebelum jadi juru masak

Batonnet

Batonnet atau baton adalah teknik memotong yang membuat sayur dalam bentuk persegi panjang dan cukup tebal. Secara tepatnya besar sayur harus memiliki lebar dan tinggi sekitar 1/4 inci atau 0,625 centimeter, sedangkan panjang sayur sekitar 5 hingga 6 centimeter.

Julienne

Teknik julienne merupakan teknik memotong sayuran dalam bentuk persegi panjang hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Yang membedakan antara teknik ini dengan batonnet adalah dimensi sayur yang memiliki panjang dan lebar sekitar 1/8 inci serta panjang yang hanya 3 hingga 5 centimeter.

Untuk lebih mudahnya, teknik ini dapat dilakukan dengan membagi potongan batonnet menjadi dua bagian. 

Macedoine

Macedoine merupakan teknik memotong dalam bentuk dadu. Biasanya sayuran akan memiliki bentuk serupa kubus dengan sisi-sisi sebesar 1/4 inci. Untuk mendapatkan hasil potongan ini dapat diawali dengan cara memotong batonnet kemudian dibagi kecil-kecil jadi dadu.

Brunoise

Brunoise merupakan teknik potong dadu hanya saja dengan ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 1/8 inci atau 0,375 centimeter. Jika dadu dari teknik macedoine didapat dari membagi potongan batonnet, maka brunoise didapat dari membagi potongan julienne.

Paysanne

Paysanne merupakan teknik pisau yang digunakan untuk memotong sayur dalam bentuk kotak yang pipih. Biasanya teknik ini menghasilkan potongan dengan panjang dan lebar sekitar 1/2 inci dan ketebalan yang hanya 1/8 inci. Untuk lebih sepat, potongan ini bisa didapat melalui memotong batonnet menjadi beberapa bagian yang tipis.



1 thought on “5 Teknik Memotong Sayur Seperti Chef Restoran, Apakah Kamu Tau Namanya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *