6 Makanan yang Terancam Punah Karena Global Warming

6 Makanan yang Terancam Punah Karena Global Warming

Nggak cuma hewan atau tanaman aja nih yang bisa terancam punah. Ternyata akibat global warming atau perubahan iklim, makanan yang kita makan sehari-hari juga bisa punah. Kok bisa sih?

Perubahan iklim sangat berisiko memberikan pengaruh pada hasil pertanian, peternakan, dan perkebunan buah-buahan di seluruh dunia.

Makin hangatnya suhu bumi bisa membuat beberapa jenis tanaman pertanian sulit tumbuh. Belum lagi dampak ekstrem global warming, seperti banjir, salju, kekeringan, atau kekacauan musim yang menghambat panen.

Apa saja makanan yang terancam punah tersebut? Apakah makanan favoritmu ada di daftar berikut ini? 

Alpukat

Tahun 2014 lalu, restoran Meksiko asal Amerika Serikat memperingatkan konsumennya bahwa pasokan alpukat akan habis suatu hari nanti. Peringatan tersebut bukan tanpa alasan loh, karena kekeringan dan cuaca yang sangat panas membahayakan kebun-kebun alpukat.

Almond

Pertumbuhan pohon almond dan pohon buah-buahan, serta kacang-kacangan, membutuhkan musim dingin yang panjang. Sedangkan wilayah California sebagai contoh, tempat dimana almond banyak ditanam, sejak tahun 2014 tidak mendapatkan musim dingin yang cukup.

Kopi

Para ahli kopi mengungkapkan bahwa kopi akan terancam punah pada awal tahun 2080. Peningkatan suhu di tanah yang ditanami biji kopi membuat kopi tidak lagi bisa tumbuh. Belum lagi jamur dan hama yang sangat mengancam tanaman kopi.

Madu

Selama beberapa tahun belakangan, populasi lebah terus menurun. Ketika jumlah lebah menurun, maka produksi madu pun akan menurun. Bukan tidak mungkin madu akan menjadi susah didapat dan menjadi langka.

Selai kacang

Kacang sebagai bahan utama pembuatan selai kacang saat ini semakin sulit untuk tumbuh karena meningkatnya kekeringan dimana-mana.

Ikan salmon

Nggak cuma produk pertanian dan perkebunan saja yang terancam, Sob. Ikan salmon yang enak dan sehat pun juga terancam punah, karena harus berjuang beradaptasi dengan suhu air yang kian panas. FYI, air dengan suhu dingin adalah tempat ikan salmon bereproduksi dan bertahan hidup.

Bersyukur gaes, kalau sampai saat ini kita masih bisa menikmati makanan-makanan di atas.

Yuk, tunjukkin rasa syukur kita dengan ikut menjaga lingkungan dan mencegah makin parahnya global warming, agar generasi mendatang masih bisa menikmati lezatnya makanan yang kita nikmati saat ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *