5 Tempat Favorit Kuliner Di Bali, Bali Food Market

5 Tempat Favorit Kuliner Di Bali, Bali Food Market

Bali, pulau para dewa, adalah salah satu pulau yang berada di negara Indonesia. Salah satu destinasi utama bagi turis lokal maupun mancanegara. Bagi kamu-kamu yang suka kuliner, apakah kamu sudah pernah mencobai kuliner khas Bali?

 

Plater telah memilih referensi untuk 5 destinasi utama bagi kamu yang suka dengan wisata kuliner malam lho. Masing-masing dari pasar malam ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dengan wisata kuliner yang eksotis.

Biasanya, pasar malam akan mulai beroperasi diatas jam 6 sore. Siapkan dirimu foodies dan jangan lupa untuk menyapa orang-orang baru yang akan kamu temui karena tempatnya selalu penuh sesak. Tentunya pengalaman unik ini adalah sesuatu yang harus kamu coba setidaknya sekali ketika kamu pergi ke Bali 🙂

 


1.Sindhu Sanur Night Market

001m

Opening Hours: Mon – Sun 18:00 – 01:00 

Location: Jalan Danau Toba, Sindu, Sanur

Pasar Sindhu Night Market Sanur atau Sindhu Market Sanur adalah salah satu tempat favorite untuk makanan murah, jajanan pasar, makanan kaki lima. Pasar ini salah satu Bali Night Market yang cukup strategis dan terjangkau lho.. Halal? Yup!!! Seneng dehh.. Jadi kita bisa bawa temen Muslim juga kalo ke sini.. Walaupun banyak bule yang makan di ini, tapi soal harga bisa bersaing sama kaki lima di tempat lain.

Murah meriah! Mulai dari lima ribuan sampe belasan ribu untuk 1 porsi makanan. Suasana Kecuali saat Lebaran, suasana di sini selalu rame. Tapi ramenya ga sumpek dan lebay, jadi pasti masih bisa kebagian tempat. Pastinya, suasananya berantakan gitu kan, bikin makin napsuin belanja soalnya. Penasaran ga foodies?


2.Kreneng Market

l-travellingbali-com-461f2a996e4f60ffd2ae8391eb4540f2-kreneng_market-bali-1-470x260-2

Opening Hours: Mon – Sun 18:00 – 02:00 

Location: Jalan Kamboja, East Denpasar

Pasar Krenengan lokasinya di denpasar, tepatnya di jalan Gajahmada Denpasar. Pasar ini sangat ramai dikunjungi pengunjung saat malam hari.Dulunya pasar Kreneng ini jadi satu dengan terminal, tapi karena moda transportasi umum di Bali sudah tidak seeksis dulu maka di malam hari berubah fungsi menjadi pasar senggol.

Seperti pasar pada umumnya, disini menjual pakaian dan makanan dengan harga murah, misalnya baju kebaya, kamen, senteng, udeng. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner mulai dari nasi jinggo, nasi campur, soto ceker, dll lho!

Untuk yang nggak makan daging babi, ada banyak pilihan lain, ada sate kambing (tepat di depan warung nasi babi guling) lumayan enak. disebelahnya juga ada warung yang menjual chinese food.

Bagi yang ingin mencoba local food by local people and for local people, tempat ini boleh banget dikunjungi, aksesnya pun mudah lewat jalan utama.


3.Gianyar Night Market

img_0959

Opening Hours: Mon – Sun 17:00 – 02:00 

Location: Jalan Ngurah Rai, Gianyar

Pasar Malam Gianyar terletak di Pusat Kota Gianyar. Di Pasar ini terlihat seperti pasar yang ada di Bali dan sekitarnya namun Pasar Malam Gianyar adalah yang terbesar di Gianyar. Di sini dijual berbagai macam perlengkapan, alat rumah tangga, pakaian, dan yang lebih istimewa di sini dijual makanan khas Gianyar, yaitu Ayam Betutu dan Babi Guling khas Gianyar.

Rasa kedua makanan tersebut yang dijual di pasar ini sangat khas, dan memiliki cita rasa yang asli khas racikan Bali dan spicy ! sekali mencoba pasti ketagihan. Harga dijamin bersahabat, Rp. 20.000,- Anda akan mendapatkan satu porsi makanan. Disini dijual juga makanan khas Bali, yaitu jajan Bali dengan parutan kelapa dan gula Bali sangat enak ! Pasar ini buka pada siang dan malam hari. Sangat pantas dikunjungi untuk pecinta kuliner


4.Taman Sari

taman-sari-kerobokan-bali

Opening Hours: Mon – Sun 17:00 – 02:00 

Location: Jalan Ngurah Rai, Gianyar

Pasar Taman Sari adalah salah satu dari tempat kuliner lokal yang masih bertahan di Bali. Pasar ini terletak di daerah seminyak. Biasanya, Seminyak lebih dikenal oleh turis sebagai tempat belanja fashion yang berkelas dan makanan-makanan yang memiliki kualitas tinggi. Namun, kehadiran pasar ini ditengah-tengah “mewahnya” Seminyak merupakan sesuatu yang menarik loh foodies!

Kamu bisa membeli berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran segar dengan harga yang sangat terjangkau. Ya, buah-buahan adalah ikon dari Pasar Taman Sari, jadi jangan kaget bila kamu akan menemui pedagang buah disepanjang jalan ini. Jangan lupa untuk mencicipi bakso dan sate khas mereka di malam hari ya foodies 🙂


5.Badung & Kumbasari Market

badung-night-market

 

 

 

 

 

 

 

 

Opening Hours: Mon – Sun 12:00 – 00:00

Location: Jalan Gajah Mada, Denpasar

Pasar Badung & Kumbasari itu ternyata letaknya bersebelahan loh foodies, dan ternyata kedua pasar ini buka 24 jam! Antara pasar Badung dan Kumbasari terpisah oleh sungai Badung. Seperti pusat perbelanjaan tradisional bali pada umumnya, pada siang hari pasar ini akan dipenuhi oleh pedagang-pedagang yang berjualan cinderamata dan keperluan pokok dan akan mulai menjual berbagai hidangan kuliner tradisional pada malam hari.


Tips kuliner di pasar malam Bali

1.Siapin uang kecil

2.Dateng jangan lewat jam 9 (nanti sudah ga lengkap makanannya)

3.Kalo dateng bareng temen, 1 orang pesan 1 macam aja, jadi bisa sharing atau saling cicip

4.Walaupun Bali aman, tapi tetap awasi barang pribadi masing-masing ya

5.Di pagi hari, Pasar-pasar ini layaknya pasar tradisional biasa yang menjual sayur, daging, buah dsb. Cukup bersih dan oke lho belanja di sini

Jangan lupa untuk post dan berbagi pengalaman kulinermu di Bali Food Market di kolom komentar ya foodies!

Plater, Stories In Every Plate

Works cited :

bali-indonesia.com, 5 Best Bali Night Markets; http://www.bali-indonesia.com/magazine/5-best-bali-night-markets.htm

http://smelllikehome.com/travel-blog-indonesia/pasar-sindhu-night-market

 

Share This:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *