Bercocok Tanam Dirumah – Kita Ngajarin Kamu Gimana Caranya Nanem Makanan Dirumah!

Bercocok Tanam Dirumah – Kita Ngajarin Kamu Gimana Caranya Nanem Makanan Dirumah!

Kami akan mengajari kamu bagaimana cara menanam sendiri makananmu dirumah!

Mengapa kita harus repot-repot untuk menanam sendiri makanan yang kita makan ketika kita bisa dengan mudah membelinya di pasar dan supermarket?

Namun terdapat beberapa alasan yang menjawab betapa pentingnya menanam sendiri makananmu dengan berkebun :

 

KRISIS PANGAN GLOBAL

Produksi tahun 2015 secara global menurun signifikan di hampir semua Negara produsen. Perlu adanya strategi khusus agar rakyat banyak tidak terperosok ke lembah kemiskinan baru.

Lonjakan populasi dunia, setiap hari 150.000 bayi lahir, tidak diimbangi dengan lonjakan produksi pangan. Perubahan iklim dan penyusutan lahan pertanianmenjadi tantangan terbesar di tengah upaya mendongkrak produksi pertanian dengan adopsi teknologi.

Soal ancaman krisis pangan ini menjadi pembahasan penting dalam forum Ekonomi Dunia (world economic forum) di Davon, Swiss. Seperti dilansir situs www.we-forum.org.

Pembahasan bukan hanya berkisar soal ancaman penurunan produksi namun juga kenaikan harga pangan global.

Ekonom Amerika Serikat (AS), Nouriel Roubini, mengatakan pesatnya kenaikan harga pangan bisa menjadi sumber ketidakstabilan , tidak hanya di sektor ekonomi dan keuangan namun juga politik.

Ironisnya, 35% dari limbah dunia berasal dari limbah makanan. Dengan adanya krisis pangan global di depan mata, salah satu cara paling efektif untuk membantu mengurangi beban pangan dunia adalah dengan menanam sendiri makananmu

MENGURANGI KEMISKINAN

Perubahan iklim dan ekonomi global yang tidak menentu merupakan tantangan tersendiri khususnya bagi warga yang kurang mampu

Perubahan iklim mengakibatkan sulitnya petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, dampaknya adalah harga sembako yang menjadi mahal karena kelangkaan persediaan. Hal ini dapat dilihat dari mahalnya harga cabai di Indonesia pada akhir 2016 silam

Di lain sisi, ekonomi global yang tidak menentu mengakibatkan lahirnya pengangguran baru setiap tahunnya. Pada tahun 2017 saja diprediksi akan terdapat 200 juta pengangguran baru di seluruh dunia.

Berkebun tidak hanya membuat pengeluaran bulananmu menjadi lebih murah, tetapi juga menjadi aktifitas yang murah dan menyenangkan untuk keluarga

BAGUS UNTUK KESEHATAN

Banyak orang yang mengatakan bahwa berkebun menjadi terapi untuk mengobati stress. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbaur dengan alam baik untuk kesehatan mental kita.

Udara yang bersih dan sedikit olahraga ringan, menjahkan kita dari rutinitas dan pekerjaan sehari-hari, mengekspresikan kreativitas dan rasa pencapaian.

Kamu juga dapat berkebun bersama keluargamu. Tidak ada salahnya mengotori baju dengan lumpur dan tanah!

IT’S JUST TASTE BETTER

Pernahkah kamu merasa bahwa masakan yang kamu buat dengan susah payah terasa lebih enak dari masakan di restoran?

Ya, it’s just taste better ketika kita menanam sendiri makanan kita. Sayuran dan buah yang kita makan akan terasa lebih segar dan sehat, selain itu kita juga mendapatkan sebuah rasa pencapaian karena telah berhasil menumbuhkan sesuatu.

Jadi, jangan ragu untuk memulai berkebun dari halaman rumahmu sekarang! Bagi kamu yang tidak memiliki halaman rumah yang cukup, jangan khawatir karena sekarang kita memiliki konsep yang bernama vertical gardening.

Telurusi lebih dalam bagaimana cara menanam, memasak dan menjual makananmu hanya dalam CookBook by Plater!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *