Istilah-istilah Teknik Memasak #1 (Moist Heat Cooking)

Istilah-istilah Teknik Memasak #1 (Moist Heat Cooking)

Teknik memasak terdengar sulit dan rumit

Bagi teman-teman yang biasa memasak tentu tak asing dengan istilah-istilah dalam dunia kuliner ya. Namun bagaimana dengan kamu yang baru saja memulai 'petualangan' memasak.

Kesulitan 'membaca' resep adalah kendala pertama yang dihadapi. Apalagi harus membaca resep dalam bahasa asing, padahal resep yang akan dipraktekkan sangat menggiurkan namun apa daya ketidakpahaman mencerna istilah bisa membuat kacau hasil masakan.

Alih-alih bangga dengan resep yang dibuat justru kecewa karena hasilnya gagal. Agar dapur tidak terlalu kacau, info seputar kuliner memberikan kamu info penting, ayo simak beberapa istilah dalam memasak berikut ini gaes!

Cek www.plater.id jika kamu ingin membeli masakan buatan tetanggamu

cek www.vendor.plater.id jika kamu ingin membuat dan menjual makanan buatanmu

Boiling

Ini pasti semua pada tahu ya? Iya. Merebus. Ini teknik paling sederhana yang biasa kita lakukan. Sayangnya teknik ini bisa menyebabkan vitamin dalam bahan makanan bisa larut, jadi malah terbuang sia-sia gitu.

Simmering

Simmering adalah memasak makanan dengan api kecil. Biasanya tingkat kematangan dengan teknik ini lebih sempurna. Biasa digunakan untuk memasak sayuran, bakso, atau sayur bersantan.

Poaching

Poaching adalah teknik memasak dengan api sedang dan perlahan-lahan. Masakan yang  terkenal menggunakan teknik ini adalah poached egg (yang biasa dipakai di Egg Benedict) dan makanan andalan kota Las Vegas: Butter Poached Lobster. 

Blanching

Blanching itu merebus dengan cepat, hanya 1-2 menit, setelah itu sayurann/buah yang direbus direndam air es untuk menghentikan pematangannya. Ini biasanya digunakan untuk bahan makanan yang mau diolah kembali.

 

Stewing

 

Gampangannya, stewing itu masak sop! :)))

Penjelasan kerennya, stewing adalah memasak dengan berbagai macam bahan masakan seperti telur, sayuran, daging ayam, sosis, dan lain-lain yang disajikan bersama kuahnya. Banyak masakan Asia pakai teknik ini, termasuk masakan Indonesia. 

Braising

Braising itu cara memasak masakan yang awalnya dimasak dengan membuat caramelization dengan teknik pan seared (memasak di wajan datar dengan panas tinggi) sebentar saja, lalu dilanjutkan dengan memasaknya dengan memasukkannya ke dalam oven atau di masak di dalam wadah tertutup (panci/pot) dengan disertai sedikit  cairan/kuah/kaldu

Pressure Cooking

Ini semua orang tahu lah ya… Memasak dengan alat presto alias panci bertekanan tinggi. Hasilnya lebih empuk dalam waktu yang lebih singkat.

 Au Bain Marie (Tim)

Teknik ini menggunakan dua panci, yang satu lebih besar dan berisi air panas, yang satunya lebih kecil, ditaruh di atasnya (panci kedua tercelup air) dan di dalamnya lah bahan masakan yang mau ditim. 

Steaming

Ini juga pastinya sudah pada tahu. Yes! Steaming adalah mengukus alias memasak dengan dua bagian: panci di bawah berisi air mendidih, di atasnya ada dandang berisi bahan yang mau dikukus.

Double Boiler

Yang ini hampir sama dengan Au Bain Marie, tapi kalau double boiler itu pancinya yang di atas lebih besar atau seukuran, jadinya semacam nyangkut gitu, pancinya tidak menyentuh air yang ada di dalam panci pertama, tidak seperti au bain marie. Biasanya digunakan untuk melumerkan cokelat juga atau membuat saus semacam hollandaise sauce. 

Oke jadi sekarang kita punya 10 teknik memasak dasar yang sudah kami post disini

Stay tune karena akan ada berbagai cara memasak lainnya yang mungkin belum pernah kamu dengar!

Bila kamu memiliki teknik memasak sendiri, jangan ragu-ragu untuk mengirim hasil karyamu ke support@plater.id ya 🙂

Apakah kamu juga tertarik untuk memasak makanan jepang seperti okonomiyaki?

Atau kamu ingin mencoba memasak makanan khas timur tengah seperti falafel, samosa atau balila?

So bagaimana gaes, tertarik buat dapat penghasilan tambahan?

Kamu memiliki resep dan teknik memasak yang lain? Hubungi kamu agar kami dapat featured kamu dalam website kami!
 
Cookbook by Plater, easy food, easy life


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *