Tips Menjaga Pola Makan Yang Wajib Bulan Puasa Untuk Sahur dan Buka

Tips Menjaga Pola Makan Yang Wajib Bulan Puasa Untuk Sahur dan Buka

Berbeda orang, berbeda pula selera dan sajian makanan wajib saat puasa. Biasanya, saat berbuka puasa orang cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual di kaki lima menjelang waktu berbuka. Sedangkan untuk waktu sahur, tak jarang banyak yang mengandalkan makanan cepat saji karena praktis dan mudah dibuat.

Seperti diketahui, kebanyakan makan makanan yang belum tentu jelas gizi serta nutrisinya, bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Ditambah lagi, periode waktu berpuasa ini tidak sebentar. Artinya, jika dalam satu bulan Ramadhan Anda tidak memerhatikan asupan makanan, tubuh juga akan menghasilkan efek buruk sebulan ke depannya. Kira-kira, apa saja makanan sehat yang wajib ada selama bulan puasa ini?

1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Saat berpuasa, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh Anda. Glukosa adalah sejenis zat gula yang digunakan sebagai  energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya.

Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, pasta dan roti. Baiknya, konsumsi makanan mengandung karbohidrat di waktu sahur, agar bisa merasakan manfaat energi selama waktu berpuasa dan tubuh tidak gampang lemas.

Kamu juga bisa mencoba berbagai menu hidangan khas arab yang lezat dan sehat sebagai variasi baru di bulan puasa ini. Seperti balila atau falafel yang mudah dibuat dirumah

2. Minuman atau cairan

Meskipun bukan dalam bentuk makanan, nyatanya saat berbuka dan sahur tubuh membutuhkan minuman. Entah itu air, susu, jus, teh ataupun smoothies dapat memberikan hidrasi tanpa kalori yang berlebih. Dari semua jenis minuman, yang paling wajib dan paling penting untuk diminum adalah air mineral.

Jika tubuh Anda kehilangan air melalui pernapasan, berkeringat, dan pencernaan, penting untuk menghidrasinya lagi dengan meminum cairan dan mengonsumsi makanan yang mengandung air. Selama puasa baiknya minum 5 gelas air mineral saat sahur, dan 5 gelas selanjutnya saat berbuka, dengan begitu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Selain air putih, kamu juga dapet mencoba berbagai minuman detox yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh  atau menu minuman yang menarik dan sehat seperti bee pollen smoothies ini!

3. Sayur dan kacang-kacangan

Sayur dan kacang-kacangan menjadi sumber makanan wajib saat puasa. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah.

Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolestrol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa. Temukan perbedaan khasiat serat dari jenis sayuran alami dan organik di artikel ini!

4. Buah-buahan

Kurma sudah menjadi hidangan legendaris yang biasanya dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Banyak yang sudah tahu juga, kalau kurma baik karena kandungan gula alaminya bagus untuk memicu energi tubuh, serta menyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup. Anda juga bisa memperoleh manfaat cairan, berbagai vitamin dan mineral pada buah alpukat, jeruk, timun suri, dan blewah

Selain berbagai tips yang perlu kamu siapkan untuk berbuka puasa, membiasakan diri dengan pola hidup sehat juga bisa menjadi keuntungan jangka panjang loh untuk tubuhmu 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *