Trik Ampuh Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Trik Ampuh Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Bau amis pada ikan kerap membuat orang jadi malas menyantapnya. Padahal, ikan mengandung banyak protein, vitamin, mineral, dan Omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan gizi harian akan tercukupi jika Anda mengonsumsi ikan dengan porsi seimbang.

Kalau Anda malas menyantap ikan karena bau amisnya, maka Anda bisa mencoba beberapa trik ampuh berikut ini. Karena ternyata menghilangkan bau amis ikan tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Ikan Wajib Dicuci Hingga Bersih

Bagian isi perut dan isi kepala ikan biasanya menyebabkan bau amis yang berlebihan. Oleh sebab itu, Anda wajib mencuci ikan hingga bersih sebelum mengolahnya. Gunakan air mengalir untuk memaksimalkan proses pencucian ikan. Pastikan bahwa isi perut, isi kepala, dan lendir pada daging ikan sudah bersih agar ikan siap dimasak.

Menggunakan Campuran Garam dan Air Perasan Jeruk

Sudah bukan rahasia lagi kalau garam dan air perasan jeruk sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis ikan. Bahkan penggunaan garam dan air perasan jeruk juga dapat memperkaya cita rasa ikan. Gunakan 2 hingga 4 sdm air lemon atau air jeruk nipis untuk setiap satu kg ikan.

Kemudian bubuhkan garam secukupnya pada seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 20 menit sebelum Anda membilasnya lagi dengan air bersih. Nanti Anda pasti takjub dengan ikan yang tak lagi berbau amis dan siap diolah.

Menggunakan Campuran Garam dan Air Perasan Jeruk

Sudah bukan rahasia lagi kalau garam dan air perasan jeruk sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis ikan. Bahkan penggunaan garam dan air perasan jeruk juga dapat memperkaya cita rasa ikan. Gunakan 2 hingga 4 sdm air lemon atau air jeruk nipis untuk setiap satu kg ikan. Kemudian bubuhkan garam secukupnya pada seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 20 menit sebelum Anda membilasnya lagi dengan air bersih. Nanti Anda pasti takjub dengan ikan yang tak lagi berbau amis dan siap diolah.

Jahe Juga Tak Kalah Ampuh

Manfaat jahe untuk menghilangkan bau amis pada ikan tentu tak perlu diragukan lagi. Anda tinggal menyiapkan parutan jahe dan membubuhkannya pada seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas ikan dengan air bersih yang mengalir. Penggunaan jahe juga dapat menetralkan racun dan zat penyebab alergi yang terkandung pada ikan.

Asam Jawa untuk Aroma dan Rasa Ikan
Kalau Anda berencana membuat ikan goreng, maka Anda bisa menggunakan asam Jawa sebagai bahan rendaman ikan. Selain berfungsi sebagai perasa alami, kandungan asam Jawa juga ampuh menghilangkan bau amis pada ikan. Rendamlah ikan dalam campuran asam Jawa dan bumbu lainnya selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap sempurna.

Cuka Masak Sebagai Pengganti Asam Jawa
Tak jadi masalah bila Anda tidak memiliki persediaan asam Jawa di dapur. Bubuhkan saja cuka masak pada seluruh bagian ikan lalu diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, jangan lupa membilas ikan dengan air mengalir agar bau cukanya segera hilang. Kandungan anti bakteri pada cuka memang efektif jika digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan.

Sekarang Anda pasti terinspirasi untuk mengolah ikan menjadi aneka masakan yang istimewa. Sebab Anda tak akan direpotkan lagi dengan bau amis ikan yang mengganggu cita rasa makanan Anda. Selamat berkreasi dengan jenis ikan favorit Anda sekeluarga!

Untuk membeli olahan ikan buatan tetanggamu, temukan di Plater

Untuk menjual masakan ikan buatan rumahmu, jual di Vendor Plater (mobile web)

Temukan berbagai cara memasak lainnya seperti memasak cumi agar tidak alot dan empuk, atau teknik memotong sayur seperti chef direstoran, bahkan istilah dalam teknik memasak 

CookBook by Plater. Easy food for Easy life



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *